Jl. Argoboga, Salatiga, Jawa Tengah

Rabu, 02 Oktober 2013

Visi Misi

Visi SMP Negeri 10 Salatiga 
"Mewujudkan  manusia seutuhnya yang bertaqwa, berakhlak mulia, terampil,cerdas,berwawasan Iptek, berwawasan kebangsaan dan lingkungan hidup"

Misi SMP Negeri 10 Salatiga 
Dalam  mewujudkan visi SMP Negeri 10 Salatiga maka dilaksanakan misi sebagai berikut :
  1. Menciptakan   kegiatan belajar mengajar yang PAKEM ,  menantang, menyenangkan, komunikatif, tanpa takut salah, dan demokratis.
  2. Meraih prestasi yang lebih baik di bidang akademik dan nonakademik.
  3. Merealisasikan  penghayatan dan pengamalan agama , keimanan  dan ketakwaan  , mengembangkan sikap dan perilaku religiusitas di lingkungan dalam dan luar sekolah sesuai dengan keyakinan agamanya masing-masing.
  4. Mengembangkan budaya gemar membaca, rasa ingin tahu, bertoleransi, bekerja sama, saling menghargai, disiplin, jujur, kerja keras, kreatif, dan mandiri , memupuk  disiplin belajar dan  mengajar secara kontinyu dan kesinambungan.
  5. Menanamkan kepedulian sosial dan lingkungan, cinta damai, cinta tanah air, semangat kebangsaan, dan hidup demokratik.
  6. Menciptakan suasana kerja dengan iklim kekeluargaan, persatuan, kesatuan warga sekolah dengan prinsip asah,asih,asuh.
  7. Menciptakan lingkungan sekolah yang aman, rapi, bersih, indah dan nyaman.
  8. Melaksanakan   penataan wiyata mandala dan 6K  yang  asri, edukatif ,dan berwawasan lingkungan hidup.
  9. Melaksanakankan  pola managemen pengelolaan sekolah yang transparan, obyektif, dan akuntabel.
  10. Mewujudkan  profil sekolah unggulan yang favorit bagi masyarakat.
  11. Memupuk  budi pekerti dan  sopan santun bagi setiap siswa dan  warga sekolah.
  12. Melakukan  pelayanan dengan sebaik-baiknya  sehingga tercipta  citra publik sekolah yang positif  untuk meningkatkan animo masyarakat luas terhadap SMP Negeri 10 Salatiga.
Tujuan Sekolah
  1. Lulus 100 % pada Ujian Nasional Tahun 2013/2014  sesuai dengan  standar kelulusan  sebagaimana yang telah ditetapkan.
  2. Mengoptimalkan proses pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered learning), antara lain CTL(Contextual Teaching and Learning), PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan), serta layanan bimbingan dan konseling;
  3. Mengoptimalkan penggunaan  media  LCD untuk pembelajaran siswa di kelas VII-IX;
  4. Mengoptimalkan penggunaan  papan pajang untuk mempublikasikan karya siswa;
  5. Berusah meraih kejuaraan dalam bidang KIR dan lomba mata pelajaran tingkat kota dan provinsi.
  6. Meningkatkan keimanan  dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa melalui kegiatan pembiasaan ibadah shalat Dzuhur dan Shalat Jumat bagi yang muslim  dan kebaktian bagi yang beragama Kristen dan Katholik.
  7. Melestarikan budaya daerah melalui muatan lokal  Bahasa Jawa dengan indikator; 85% siswa mampu berbahasa Jawa sesuai dengan konteks;
  8. Menjadikan 85% siswa memiliki kesadaran terhadap kelestarian lingkungan hidup di sekitarnya;
  9. Menjadikan siswa memiliki jiwa kebangsaaan dan cinta tanah air yang diinternalisasikan lewat kegiatan OSIS dan Pramuka, serta melalui pemutaran lagu wajib / nasional setiap pagi menjelang masuk sekolah.
  10. Meraih kejuaraan dalam beberapa cabang olah raga di tingkat kota dan provinsi.

Share:

NETENZA PEDULI

Tak terasa sudah 4 bulan berlalu sejak munculnya virus korona yang merebak di Indonesia. Banyak sektor yang terdampak atas penyebaran vi...